Lembaga Penjaminan Mutu

Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Intan merupakan badan internal intan yang berfungsi untuk membangun sistem penjaminan mutu di lingkungan Intan. LPM merupakan wakil dari manajemen yang berkaitan dengan sistem penjaminan Mutu yang berkedudukan di tingkat Institut dan bertanggungjawab pada Rektor. Dalam menjalankan perannya sebagaimana tertuang dalam SK No. 021/SK/REKTOR/INTAN/VII/2018, LPM Intan dipimpin oleh seorang Kepala LPM dan dibantu oleh 1 orang bagian administrasi. LPM dibantu oleh unit pelaksana LPM di tingkat fakultas yang disebut Gugus Mutu Fakultas. Berkenaan dengan audit Mutu Internal, Intan sudah memiliki 6 Auditor Internal yang telah tersertifikasi oleh Kantor Jaminan Mutu (KJM) UGM yaitu: Ir. Gudiwidayanto Sapto Putro, MP., Dra. Nike Triwahyuningsih, MP., Baroroh Wista Anggraeni, S. Hut. M.Sc. , Fransisca Meyla Aryawati, SP., MP,  Ir. R. Sugiarto, MP., dan Nia Silvia Sukma, S.Si., M.Sc.

lpm

Pelaksanaan penjaminan mutu dilakukan dengan model PPEPP  (perencanaan mutu, pelaksanaan mutu, evaluasi mutu, pengendalian mutu dan peningkatan mutu). Pada tahap perencanaan mutu sudah dilakukan penyusunan dokumen mutu dan penetapan standar mutu mewujudkan sistem penjaminan mutu internal (SPMI) yang dilakukan oleh LPM dan disetujui oleh rektor. Dokumen ini terdiri dari :

  1. Kebijakan SPMI
  2. Manual SPMI
  3. Standar SPMI
  4. Standar operasional prosedur (SOP) terkait.

pada tahap pelaksanaan SPMI, monitoring mutu dilakukan rutin oleh pimpinan di intan dengan melaksanakan rapat. pada tahap evaluasi dilakukan pelaksanaan proses audit mutu internal yang dikoordinir oleh LPM. Pelaksanaan AMI dilakukan 1 kali dalam satu siklus yaitu satu tahun akademik. Dari hasil AMI adalah temuan audit dan permintaan tindakan koreksi (PTK). Selanjutnya pada tahap pengendalian mutu, di dalam berita acara PTK diberi waktu hingga sebelum audit selanjutnya untuk melakukan tindakan koreksi. Peningkatan mutu saat ini belum dilakukan karena belum mencapai siklus 5 tahunan terhadap standar mutu yang dikembangkan (2018-2023), maka belum selesai proses peningkatan mutuyang berkesinambungan.

Copyright 2018 © Institut Pertanian Intan Yogyakarta. All rights reserved - Konekthing