Suasana Pandemi, Kampus INTAN Gelar PKKMB Online Perdana

2020-11-02 10:15:57

Gema Mahasiswa, Sleman - Institut Pertanian INTAN Yogyakarta gelar Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Akademik 2020/2021.  Guna mencegah penyebaran Covid-19, PKKMB digelar secara virtual tanggal 28 September – 01 Oktober 2020 dengan mengangkat tema “Menjadi Mahasiswa Produktif di Tengah Pandemi”.

Rektor Institut Pertanian INTAN Yogyakarta, Dr. Ir. Achmad Kasiyani, M. Sc, dalam sambutannya menyampaikan bahwa tidak mudah menyelenggarakan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) saat pandemi seperti ini, ia juga berharap selanjutnya mahasiswa baru mampu mengikuti kegiatan pembelajaran secara online dengan baik.

“Ini adalah pengalaman pertama bagi kita menyelenggarakan PKKMB  secara daring, mengingat tahun-tahun sebelumnya kita belum pernah mengadakan kegiatan ini secara online. Tapi tidak menjadi masalah, malah memberikan pengalaman baru bagi kami.” Ujarnya.

PKKMB yang diadakan secara virtual menggunakan platform google meet diikuti oleh sekitar 70 mahasiswa baru dengan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya lalu dilanjutkan dengan sambutan-sambutan, serta penyematan kartu tanda peserta yang diwakilkan oleh 3 peserta dari fakultas yang berbeda.

Materi profil kampus INTAN menjadi pembukaan dalam pembekalan bagi mahasiswa baru pada hari pertama dengan tujuan agar mahasiswa baru mengenal Kampus INTAN lebih dekat mengingat kondisi pandemi saat ini yang mengharuskan berhubungan jarak jauh.

Hari kedua, mahasiswa baru diberi materi pembekalan tentang kewirausahaan oleh salah satu alumni INTAN, H. Muhammad Khak, S. TP. Pada hari ketiga, mahasiswa baru diberikan informasi mengenai lingkungan kemahasiswaan meliputi BEM, HIMA, dan UKM. Kemudian di hari terakhir, peserta diberikan materi pencegahan dan penanggulangan intoleransi, radikalisme dan paham yang bertentangan dengan ideologi bangsa, dan ditutup dengan materi akademik meliputi pengisian KRS (Kartu Rencana Studi) melalui program website SIAKAD.

(Hyunda Putri Kusumawardani/Gema Muda)

Copyright 2018 © Institut Pertanian Intan Yogyakarta. All rights reserved - Konekthing